IBX5A42F0AE5FA48 Simple inverter mini / Joule thief- Cara Menggunakan Trafo charger HP dengan Mode kerja Trafo CT - Go BLOGS

 MEMBUAT INVERTER MINI/JOULE THIEF MENGGUNAKAN TRAFO CAS HP METODE TRAFO CT


Haloo...
 Ketemu lagi ni sama blogs GO - BLOGS .. 
Kali ini saya masih mau share sama seperti postingan sebelumnya, Tentang tata cara membuat iverter mini atau di kenal istilah JOULE THIEF ..
 Berbagai skema pembuatan JT banyak dimana-dimana ,bersaing saling menciptakan skema agar arus yang di gunakan dari battery tidak boros. Dari skema standar sampai ada yang kopling..hehhee

 Dari semua skema yang berserakan hampir semua sudah saya coba , hasilnya ada yang irit & juga ada yang boros . Bisa di bayangkanlah ,dengan daya 1.5v - 12v mampu mengangkat beban lampu LED 220V 3-12Watt ,jadi yaa wajar aja kalau boros battry , terkecuali kita pakai battery dengan kapasitas " mAh " yang tinggi .. Mungkin akan sedikit tahan lama..

 OK.. kembali lagi ke judul postingan...
Di postingan ini ,saya memperhatikan system kerja trafo Cas HP in hampir sama dengan trafo CT ( yang belum tau trafo CT silahkan tanya abah google ).
Setelah di trawang dari kiri ke kanan , Atas ke bawh dan yups metodenya ampir sama demgan trafo CT namun tinggal sesuaikan letak kaki demgan trafo yg klian punya.
"Dibawah ini Hasil penerapan dengan skema trafo CT "

*Hasilnya terang dengan 2 Transistor

*Lebih terang lagi dengan 4 TR ,tapi arus yang tersedot boros

Gambar diatas adalah percobaan saya dengan skema trafo CT 12V dengan LED 5watt 220v input battery 3.7v 1800mAhz ,.
Gambar 1 menggnakan 2 TR hasinya lumayan terang.
Gambar 2 menggunakan 4 TR hasilnya lebih terang banget ,tp ya begitu boroos battery..


Untuk skema di bawah iN saya menggunakan mode seperti trafo CT 12v pada umumnya..

*Skema mode trafo CT

Yupss.. Skema diatas saya ambil dari metode Trafo CT 12V dengan skema simmple inverter ini saya coba terapkan ke trafo CAS HP hasilnya menyala terang ..
** kaki Pin trafo no. 2 & 4 di gabung ..hasilnya hampir sma dengan CT **
Tapi belum saya coba ketahanan tahan lama atau tidaknya. Trafo CAS HP bisa di bilang sama saja dengan trafo CT .. Tapi dengan wujud yg kecil mungil unyu unyu begini jelas hasil output tidak sama dengan TRAFO CT 12v ..



Komponen yang di butuhkan.
-Transistor jenis NPN : TIP41 / TIP31 / D882 dan sebagainya.
- Resistor ukuran 150ohm sampai 2.5k : sesuaikan dengan input yang kalian gunakan.
-TRFO CAS HP.
* untuk Trafo Cas HP sesuaikan dengan letak kaki yg kalian punya *

Itulah sedikit tutor yang bisa saya bagikan . Kurang lebihnya mohon maaf ,karna saya semdiri masih tahap belajar ,bila ada kesalahan mohon di bantu.
Dan untuk para maste JT mohon dukunganya ..

Saalaaam byoor & jossss...


#TAG
WISATA , INVERTER , GAMES , GAME , TOP 10 , ALAM , TUTORIAL  , CARA 

2 komentar:

Unknown said... June 13, 2018 at 11:46 AM

ijin nyontek mas lg butuh..trmksh ..

Unknown said... March 11, 2019 at 11:29 PM

Ukuran elco'nya berapa ya gan?

 
Top