IBX5A42F0AE5FA48 INVERTER MINI - Membuat JT/INVERTER Dengan Trafo DVD bekas tanpa harus bongkar atau lilit ulang - Go BLOGS

MEMBUAT MINI INVERTER 3.7V - 12V DENGAN TRAFO BEKAS SUPLY DVD


 Mungkin sebagian para master JT atau Joule Thief  sudah handal dalam merancang segala jenis trafo. Mulai dari trafo cas HP ,LHE dan lain lain ..
 Ada yang langsung pakai bisa menyala ada pula yang perlu di lilit ulang .
Saya sebelumnya pernah coba buat lilit ulang tapi berkali kali gagal , ada yang gagal karna ferit patah,gagal karna kawat email yang mungkin bocor atau lilitan yang kurang rapih.


 Saya sudah coba semua skema dr mulai skema mas RJ,DAY & skema skema master lainya..
Sebenarnya lbh mudah menggunakan trafo cas HP ,cukup cek dengan avo meter untuk mengetahui feedback,skunder & primernya..
Tapi karna penasaran dengan trafo DVD yang ada 9 kaki maka saya coba satu persatu skema & cek satu persatu kaki trafo ..
Hasilnya ya lumayan puas ,kebetulan saya menggunakan skema dr mas DAY yg cocok dengan trafo DVD tanpa harus bongkar ,. 
 Sebenarnya skema yang lain juga bisa tapi kurang rasanya dari segi terangnya meski sudah ganti ukuran resistansi resistor..

Ini ada bebearap photo saya yang menggunakan trafo DVD dengan input 6v dari powerbank..
1.
2.
*Saya menggunakan 3 TR sekaligus secara paralel
 3.
 4.

Saya menggunakan lampu LED 5W 220V dengan input 6v dari PowerBank hasilnya cukup memuaskan sangat terang, trutama pas saya pakai adaptor 12v terangnya bisa di bilang setara dengan dari PLN .
 Karna saya pakai 3 Transistor sekaligus ,maka bisa di bilang Boros untuk powerbank kapasitas 6000mAh hanya mampu bertahan selama 3jam lebih .makin banyak Transistor makin terang juga lampu yang menyala & makin kecil resistansi Resistor makin besar juga memakan arus.


Oya saya pakai Transistor jenis D313 & TIP41C , Resistor yang saya pakai 220ohm 5w ( terlalu besar sebenarnya uktuk inverter dengan daya segini pakai resistor sebesar ini).

  Buat kalian yang mau coba membuat inverter mini dari trafo DVD tanpa harus bongkar atau lilit ulang siahkan di contoh dari skema mas DAY atau skema di bawah ini supaya lbh mudah .

**BACA BAIK-BAIK
-Posisi kaki trafo DVD yang 10 pin atau 9 pin biasanya ada kaki TRAFO yang pendek atau kaya yg di patah , di skema saya kasih tanda silang yg artinya itu kaki yg pendek atau ga ada .. Jd untuk out berada dekat kaki yg pendek .

Komponen yang di perlukan
- Transistor jenis NPN ( terserah mau pakai tipe apa ,mau tipe TIP41,31,D882,mosfet atau apa itu yg pnting msh normal )
-Resistor pakai 560ohm - 1.5k ( Saran Pakai RESISTOR ukuran 220ohm 5watt ,bentuknya lebih besar & warna fisik abu2, saya pakai resistor ini TR lebih dingin )
-Dioda IN4007
- CAPASITOR ELCO 2200uf 16v -25v
-CAPASITOR MILAR 10n(103) ,100n(104) atau 473 



Bila ingin menambah jumblah TRANSISTOR ,tinggal di paralel aja ya ,tapi letak kaki TRANSISTOR harus sesuai penempatan B C E nya..jangan sampai salah .

Tank you sudah berkunjung.
Salam joss byooor 

*thx to group JOULE THIEF
..

0 komentar:

 
Top