IBX5A42F0AE5FA48 Inverter Mini / Joule thief 4 TRANSISTOR DC 3.7v - 7.5v ke AC 220v - Go BLOGS

SKEMA RANGKAIAN JOULE THIEF / INVERTER MINI DENGAN 4 TRANSISTOR



Ok ,kita mulai ya .. 
Kali ini sayaaau share tutorial membuat Inverter mini atau sering di kenal dengan sebutan JOULE THIEF.. Yang baca ppoat ini asti sudah taukan apa itu Joule thief ? 
Bagi yang belum tau silahkan search dahulu di mbah google banyak ko dst yang sudah ngasih penjelasan , ane dsini cuma mau jelasin tutorial aja.. 
 Di kali ini saya membuat Joule Thief dengan 4 TRANSISTOR. Dimana yang 3 di pasang paralel dan yang 1 di darlington . Disini saya memakai Transistor Berjenis TIP41C dengan komponen lain hasil copotan dari charger & power suply .
Bermodal dari barang-barang bekas yang ada di sekitar kita yuuk kita berexperiment dan gmn hasilnya dengan Kmponen yang saya ambil ini.
 Skema yang saya pakai ini sebenernya berawal dari rasa penasaran aja.. Jadi iseng-iseng saya tempel semua transistor yang ada.. Eeh taunya nyalanya makiin jreeeeeng terang bingiits.. **najis sok gaul luh. !

Penampakan menggunakan 4 Transistor
 Gambara diatas rakitan yang saya buat ,masih acak acakan belum di rapihin ,malum masa uji coba.
Dan gamar di bawah adalah hasilnya menggunakan 4 TRANSISTOR . Oya disini saya memakai lampu LED abal-abal alias LED murah 12watt 220v , hasilnya bikin merasa puas ,karna setelah di bandingkan dengan LED 12w 220v yang sama tp menggunakan energi listrik PLN ternyata terangnya hampir Sama ,bisa di bilang 11-12 dengan kata lain setara .

Bayangin gan , tegangan input dari battere Powerbank daya 3.7v 3000mAhz mampu ngangkat LED 12w 220v secara optimal.
Dan saya udah tes ketahanan battery nya dengan 4 TRANSISTOR ini , saya coba tes dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore lewat 15mnt , hasilnya WAW lampu masih nyala terang gan ,bisa dibilang cma redup  diiikkkiiiit banget selama -+8jam on . Gmna hemat bukan ?


Yang lebih enaknya lagi , dengan tegangan 3.7v 3000mAhz Transistor ga panas sama sekali,bahkan angetpun ga kerasa,. Trua saya tes pakai tegangan 6v output dr powerbank dstu hasilnya malah lebh terang krn daya input lbhbesar ... Yg bikin senengnya lg ga bikin panas selama on 4jam dgn input 6v 2A cma anget doang..
Beda banget terangnya sma rangkaian JT yang saya sebelumnya ,lampu ga terlalu terang & Transistor jg panas .

Nah bagi yang penasaran ingin buat .. Sialahkan tiru aja ,gratisss ko , ini Skemanya yang saya buat.

Bahan bahan yang di butuhkan bisa di cari dari bekas charger HP atau power suply (PSU)
BAHAN UTAMA
*Transistor jenis NPN (TIP41C/TIP31/D882 dll )
*trafo bekas chargeran HP ( trafo 6 kaki/pin)
*Elco 220uf 16v - 25v
*Capaitor kramic 103 atau 104  atau 473 ( 10n -100n)
*Resistor 10 ohm
*Resistor 1.5k 
*PCB 
*solder + timah + kawat jumper (klo ga da ga usah) + kabel
**battery 3.7 - 7.5V

Nah itu dia bahan bahanya yang di butuhin simple dam sedikit bukan ,tp hasilnya biikin puas..

### pertanyaan yang sering ada ###

**Gan punya saya ko redup ?
--Banyak yg ngalamin redup .. Setelah saya tes ternyata kbanyakan trafo mungkin kurang kuat , jadi stelah saya tes ke JT teman yg redup ternyata salah 1 TR di ganti pakai tipe 13001/13002  & D882p hasilnya terang ,saran bagi yg redup salah 1 TRganti jenis.
**Gan apa transistornya harus sama kaya yg agan pake ?
-- Ga perlu sama ,yang penting jenis NPN dstu adanya apa nah di coba aja
**Gan ko punya saya ga nyala ?
-- Jangan langsung bilang ga nyala ,coba dulu di bolak balik jalur di trafonya ,karna beda Charger Hp atau model charger,posisi out & in jg beda .
** Gan ko punya saya redup ?
-- pahami dulu trafonya brp Volt input & output ampere nya.. Bisa aja trafonya lemah ,jadi bisa si buat gulungan/lilitan ulang
**Gan ko transistornya tebalik satu ?
-- Mau tau kenapa di balik ? Jawabanya silahkan agan coba sendiri & rasakan bedanya..
** Punya saya jugan redup gan ?
-- bisa jd memang ga kuat trafonya ,jd bisa di akali dengan kurangin resistansi resistor 1.5k turun jadi 1.4/1.3/1.2k
** Gan ko pas di turunin resistornya terng tp panas?
-- memang sperti itu ,jd intinya mungkin ga kuat klo pake resistor ukuran kecil .. Jadi kira2 aja ga panasnya di ukuran berapa.

 karna saya pake trafo charger copotan dari charger ASUS  dengan kapasitas outnya 2A . Jd bisa di bilang pakai resistor 1.5k stabil.
Jangan nyerah sebelum berjuang ,jangan ngeluh ,karna saya jg samamash belajar ko ,gagal berkali2 tapi ya karna rasa penasaran akhirnya bisa jg , Dan jangan terlalu FOCUS dengan SKEMA .
Karna SKEMA hanya sebuah kunci saja spaya tau alur & jalurnya , bisa jadi skema yg saya buat beda dengan trafo yg kalian pakai ..

Ok cukup sekian pidatonya..
Semoga bermanfaat ya..
Selamat mencoba & bereksperimen..
Salam Hemat Energi Jossss...



7 komentar:

Prayitno said... December 18, 2017 at 5:24 PM

manttap gan JT y dah nyoba yg darlington

Erikamufidha said... January 12, 2019 at 12:04 PM

Bisa pake trafo ct gak gan

blogmeproduk said... March 28, 2019 at 6:09 PM

Kenapa transistornya di balik 1...??? Bednya apa??..:) mohon perbandingan nya..

Unknown said... April 13, 2019 at 8:27 PM

Gan...gimana caranya biar baterai nya irit????

Unknown said... November 26, 2019 at 10:34 AM

Bisa digunakan didinamo bekas printer apa tdk?

wahyubaelah.blogsport.com said... April 26, 2023 at 12:07 PM

Mas.. punya saya kok teganganya ga stabil bbisa sampai 300v dan jika drop nyampe 111 volt ac

 
Top